Panduan Awal

Panduan lengkap untuk kamu yang baru mulai menggunakan Layanan Kami.

Cara Install Open Cart melalui Softaculous

  • MonikaWK
  • 17 Maret 2019
  • 978 views

Kamu sedang bingung masalah proses instalasi OpenCart? Gak perlu bingung. Ikutin yuk tutorial kali ini tentang gimana caranya install OpenCart melalui Softaculous. Pertama-tama, enaknya kita bahas dulu, apa sih sebenernya opencart itu?

Apasih OpenCart itu?

Nah, apa sih OpenCart itu? Iniloh, OpenCart itu salah satu CMS (Content Management System) yang sifatnya open source dan difungsikan untuk pembuatan website e-commerce berbasis bahasa pemograman PHP.

STEP 1 : Kamu bisa Login ke cPanel layanan kamu dengan menggunakan link namadomain/cpanel atau bisa dari member area caranya kamu login terlebih dahulu lalu masuk ke menu service, jika sudah pilih layanannya dan bagian bawah akan ada pilihan login to cPanel, pilih menu tersebut. Saat masuk ke halaman login ke cPanel masukkan data username dan password yang valid lalu klik log in

STEP 2 : Silakan masuk ke menu Softaculous.

STEP 3 : Pada Softaculous, pilih E-Commerce > OpenCart.

STEP 4 : Klik Tab Install. Masukkan Admin Username dan Admin Password. Kemudian klik Install.

STEP 5 : Jika instalasi sudah selesai akan muncul tampilan awal OpenCart, jika kamu akses akan muncul halaman depan website kamu.

STEP 6 : Untuk mulai mengatur website e-commerce kamu, kamu bisa masuk ke halaman administrator website kamu. Caranya, dengan login ke halaman admin kamu. Format URL untuk membuka halaman admin pada OpenCart biasanya akan muncul seperti ini http://abc.com/admin. Isikan username dan password sesuai dengan apa yang kamu definisikan di proses instalasi tadi.

Nah! OpenCart kamu sukses terinstal hanya dengan 6 langkah mudah. Oke! Sampai bertemu di tutorial berikutnya, simak terus Tips Hosting di halaman tutorial idtechdev.com yaa, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, silahkan kamu sampaikan melalui comment box di bawah ini.

Kembali

Thank You

Terima kasih telah menggunakan layanan kami.