Panduan Awal

Panduan lengkap untuk kamu yang baru mulai menggunakan Layanan Kami.

Cara Mengatasi Website yang Lambat atau Sulit Diakses

  • MonikaWK
  • 18 Maret 2019
  • 108 views

Banyak sekali hal yang terjadi ketika kita sedang mengakses suatu website, seperti halnya akses lambat bahkan sulit diakses. Disitu kita hanya bisa kesal dan bisa jadi kamu bingung ingin melakukan apa agar dapat diakses kembali secara normal. Eits! tunggu dulu, sebelum emosi, kamu wajib tahu apa aja sih penyebab umum dari website yang lambat dan sulit diakses? Ini dia beberapa penyebabnya:

Beberapa Penyebab yang Umum Website Lambat dan Sulit Diakses

Setidaknya, jikalau website mengalami akses yang amat lambat maupun sulit diakses memiliki 4 ciri utama. Namun perlu Kamu pahami ya, bahwa 4 faktor ini tidak saklek dan bisa berbeda sesuai dengan kendala dari penyebab yang berbeda pula.

  • Pengaturan DNS salah.
  • Nama domain telah kedaluwarsa.
  • File indeks kosong atau tidak ada.
  • Masalah konektivitas jaringan.

Nah kamu udah tau kan apa aja penyebab umum suatu website yang lambat maupun sulit diakses. IDTECHDEV punya beberapa beberapa tips untuk mengatasinya. Simak ya!

STEP 1 : Buat satu file sederhana untuk pengecekan pada shared hosting Indonesia Kamu, misal index.html isikan kata kata terserah misal "asdasd".

STEP 2 : Akses domainanda.com/index.html jika Kamu memerlukan waktu kurang dari 3-5 detik lebih pasti ada kendala antara koneksi dan webserver yang Kamu gunakan. (ganti domainanda.com dengan nama domain Kamu sendiri)

STEP 3 : Cek apakah hanya koneksi Kamu saja yang mengalami hal ini?

  1. Buka command prompt jika Kamu menggunakan windows dan terminal jika Kamu menggunakan linux.
  2. Ketikkan "traceroute [space] example.com" jika menggunakan linux jika menggunakan windows "tracert [space] example.com" dan enter.
  3. Jika hasil trace terlalu panjang maka akan membuat koneksi ke website Kamu akan semakin lambat.
  4. Untuk menandakan hasil trace ini berhasil atau tidak dengan cara apakah sudah benar domain Kamu sudah mengarah ke server yang di tujuh, tidak berhenti dari IP tertentu.
  5. Bedakan dengan menggunakan koneksi lain, bedakan kecepata website Kamu dan lakukan step 1.1 sampai 1.3 apakah hasilnya sama.
  6. Jika merasa masih sama, bedakan dengan menggunakan webproxy, tetapi di webproxy ini memang sedikit agak lambat karena website bekerja untuk dirinya sediri dan untuk mengakses website Kamu.

STEP 4 : Sebelum melakukan pengecekan di webserver, lakukan pengecekan di konten terlebih dahulu.

  1. Pastikan file-file yang di tampilkan muncul semua di browser.
  2. Pastikan file yang di load tidak memberatkan website Kamu, seperti konten yang di tampilkan melebihi 1Mb
  3. Lalu lakukan pengecekan, apakah website Kamu perlu di optimasi kembali bisa menggunakan link berikut https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  4. Dari data yang muncul tersebut terdapat file-file yang perlu di optimasi kembali.
  5. Selain dari konten sendiri bisa dari database yang di gunakan. untuk penggunakan database mungkin bisa mengikuti panduan berikut.
    • Pastikan menggunakan 1 koneksi ke database dalam 1 website.
    • Untuk pengecekan proses database Kamu sebenarnya memerlukan akses ssh ke server Kamu. lalu untuk script yang di perlukan adalah || watch -n 1 mysqladmin --user=<user> --password=<password> processlist ||
    • Dari script tersebut bisa terlihat berapa penggunaan mysql Kamu dalam bentuk space.

STEP 5 : Setelah semua pengecekan itu Kamu bisa melakukan pengecekan berapa penggunaan resource hosting Kamu.

STEP 6 : Setelah semua pengecekan itu, Kamu bisa melakukan pengecekan network hosting Kamu. untuk pengecekannya bisa dilakaukan dengan cara

  1. Masuk ssh ke server Kamu, setelah masuk bisa Kamu coba download file yang bisa di buat testing.
  2. Bedakan dengan kecepatan download melalui koneksi Kamu dengan koneksi.
  3. Dan kesimpulannya kecepatan network hosting dan kecepatan network Kamu itu berbeda.

Pro Tips! Misal, kamu mau melakukan pengecekan pada website Kamu yang lambat, maka akan lebih baik jika Kamu melakukannya dalam kondisi koneksi yang prima. Sehingga setidaknya satu faktor, yakni pada koneksi sudah tereliminasi dan tak perlu diperiksa.

Kalau kamu masih bingung dengan cara di atas, bisa menghubungi admin IDTECHDEV lewat Live Chat ataupun Open Tiket ya! kuy!

 

Kembali

Thank You

Terima kasih telah menggunakan layanan kami.