Panduan Awal

Panduan lengkap untuk kamu yang baru mulai menggunakan Layanan Kami.

Cara Upload Website Menggunakan FTP

  • RahmatSN
  • 16 Maret 2019
  • 179 views

Pernah nggak sih kamu ingin upload website tapi bingung gimana caranya? Gak perlu bingung, Sob, karena sekarang kita akan belajar bareng tentang hal ini.

Eh tapi sebenernya pada tahu nggak sih kalau kamu bisa upload website menggunakan FileZilla, FileZilla ini bisa digunakan untuk mentransfer file berukuran lebih besar. Biasanya kebanyakan host memiliki kapasitas atau space yang terbatas ketika harus mengupload file melalui PHP atau script. Jadi, kamu bisa pakai FileZilla ini Sob untuk upload website menggunakan FTP.

Umm, sebenernya apa sih FTP itu dan gimana sih penggunaan FileZilla, Yuk, kita simak pengertiannya di bawah ini

Apa itu FTP

Pada dasarnya, FTP atau File Transfer Protocol adalah cara untuk mentransfer file secara online. Anda mungkin berpikir tentang situs yang Anda kunjungi di browser Anda sebagai "internet", tetapi browser Anda hanya menggunakan satu protokol: HTTP.

Ada banyak protokol lain yang, secara kolektif, membentuk internet. IMAP dan POP, misalnya, adalah dua protokol yang digunakan klien email untuk mengirim dan menerima pesan. XMPP adalah protokol yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan instan. Dan ada DNS, protokol yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP.

Secara teknis, FTP juga salah satu protokol tertua yang digunakan saat ini, dan merupakan cara mudah untuk memindahkan file. Server FTP menawarkan akses ke direktori, dengan sub-direktori. Pengguna terhubung ke server ini dengan klien FTP, perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengunduh file dari server, serta mengunggah file ke dalamnya

Apa itu FileZilla

FileZilla adalah perangkat lunak bebas, aplikasi FTP lintas platform, yang terdiri dari Klien FileZilla dan FileZilla Server. Binari klien tersedia untuk Windows, Linux, dan macOS, binari server hanya tersedia untuk Windows. Baik server dan dukungan klien FTP dan FTPS (FTP melalui SSL / TLS), sementara klien selain juga dapat terhubung ke server SFTP.

Nah, sekarang kita langsung aja yuk belajar bareng cara melakukan upload data website kedalam hosting menggunakan FileZilla (FTP)

Step 1:  Install FileZilla terlebih dahulu (https://filezilla-project.org/download.php).

Step 2: Masuk ke server dengan mengisikan Host,Username ,Password dan Port. Kemudian klik button Quickconnect.

Step 3: Jika sudah berhasil masuk ke server, kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti dibawah ini.

Step 4: Kemudian ganti direktori ke public.html. Direktori public.html merupakan direktori yang terbaca pada website kamu.

Step 5: Selanjutnya kamu dapat menseleksi file satu persatu atau bisa juga dengan key ctrl+a untuk menseleksi semua file. Kemudian klik kanan dan pilih Upload

Step 6: Jika sudah berhasil, maka bisa dilihat dari panel Sucesssful transfer.

 

Kembali

Thank You

Terima kasih telah menggunakan layanan kami.